Inilah 6 Fakta Film G30S PKI yang Penuh dengan Pro Kontra! - Berita Bintang

Home » Berita Entertainment » Gosip Artist » Inilah 6 Fakta Film G30S PKI yang Penuh dengan Pro Kontra! - Berita Bintang

Oleh : Sulastri Habeahan on pada

News.karirsumut.com – Film Pengkhiatan yang di era orde baru menjadi tontonan wajib di setiap tanggal 30 September itu akan di putar kembali. TNI Angkatan Darat menginstruksian jajarannya untuk menggelar nonton bareng film itu. instruksi di tjukan untuk seluruh jajaran TNI AD di daerah menyebar lewat pesan singkat.

“Tanggal 30 September merupakan momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Saat ini banyak sekali upaya pemutarbalikan fakta sejarah peristiwa 30 September 1965,” kata Brigadir Jenderal Wuryanto, Kepala Pusat Penerangan TNI AD melalui pesan singkat, Jumat, 15 September 2017.

Wuryanto berpendapat pemutaran ulang film G30S PKI ini penting untuk mengajak generasi muda untul mengenal sejarah. Ia menilai, sejak era reformasi sejarah, Pancasila, dan budi pekerti kurang diajarkan di bangku sekolah.

Dia juga menyebutkan sejumlah alasan lain yang mendasari lembaganya perlu mengajak masyarakat menonton film tersebut.

Baca juga: Ini 5 Fakta Film Terbaru Song Joong Ki ‘The Battleship Island’ yang Sukses Puncaki Box Office!

Berikut beberapa fakta yang belum di ketahui mereka yang belum menonton. Terutama generasi yang kini berusia 20 tahun ke bawah, mengingat film ini di setop penayangannya sejak tahun 2002.

Yang pertama Film G30S PKI ini adalah buatan pemerintah Soeharto dan menjadi tontonan wajib. Sejak tayang tahun 1984, pemerintah orde baru mewajibkan setiap siswa di segala lapisan masyarakat, pegawai negri sipil, perusahaan untuk menonton film ini setiap tanggal 30 September.

Selain diputar di layar lebar beberapa kali, film itu akhirnya diputar di TVRI setiap tanggal 30 September pukul 10.00 WIB.

Karena wajib tonton, termasuk pengerahan pelajar dan pegawai pemerintah untuk menonton, film  ini terpilih menjadi film yang paling banyak diputar dan ditonton. Namun film ini berhenti tayang pada tahun 2002.

loading...
» Marquez Anggap Dovizioso Pantas Jadi Juara Dunia » Selain Satria Tama, Madura United Pantau 6 Pemain Top Lain » Cetak 17 Gol untuk Persela, Samsul Arif Belum Pasti Bertahan » Mobil Ulos Mandailing untuk Resepsi Kahiyang-Bobby Siap Digunakan » Zlatan Ibrahimovic dan 4 Algojo Penalti Terbaik di Eropa » Inter Milan Melesat, Santon Puji Peran Spalletti » PHOTO: Ini Lokasi yang Akan Dijadikan Pemberian Marga Untuk Kahiyang » Laila Sari Meninggal Usai Pulang Syuting » Jorge Lorenzo Pede Hadapi MotoGP 2018 » PLN akan Terus Evaluasi Harga Listrik dari PLTU » Bek Persib Dukung Persebaya Surabaya Lolos ke Liga 1 » Pemprov DKI Gratiskan Denda Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor » Wendo Asrul Rose Ditunjuk sebagai Plt Dirut Angkasa Pura I » Pameran Foto Unas Sajikan Aksi Timnas Indonesia dan The Jakmania » Ronaldo dan Benzema Miliki Torehan Memalukan di Real Madrid » Kahiyang Ayu Dapat Marga Siregar Besok Pagi » Pembunuh Gadis Difabel Bantul Ditangkap Gara-Gara Warung Makan » Rahasia Terungkap, Risa Kembali Rencanakan Habisi Bella? » Jaga Kerukunan, Emak-Emak di Lumajang Ikut Festival Jenang Sapar » Timnas Italia Gagal ke Piala Dunia 2018, Presiden FIGC Mundur
Lowongan Kerja MODP PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
Lowongan Kerja PT Bank Mega Tbk
Lowongan Kerja ODP Bank BJB
Lowongan Kerja PT Wijaya Karya Via UGM Yogya
Lowongan Kerja PT Isuzu Sales Operation Astra
Lowongan Kerja PT. Reska Multi Usaha
Lowongan PT. Permodalan Nasional Madani Jawa Timur
Selengkapnya >>