Inilah 6 Fakta Film G30S PKI yang Penuh dengan Pro Kontra! - Berita Bintang

Home » Berita Entertainment » Gosip Artist » Inilah 6 Fakta Film G30S PKI yang Penuh dengan Pro Kontra! - Berita Bintang

Oleh : Sulastri Habeahan on pada

News.karirsumut.com – Film Pengkhiatan yang di era orde baru menjadi tontonan wajib di setiap tanggal 30 September itu akan di putar kembali. TNI Angkatan Darat menginstruksian jajarannya untuk menggelar nonton bareng film itu. instruksi di tjukan untuk seluruh jajaran TNI AD di daerah menyebar lewat pesan singkat.

“Tanggal 30 September merupakan momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Saat ini banyak sekali upaya pemutarbalikan fakta sejarah peristiwa 30 September 1965,” kata Brigadir Jenderal Wuryanto, Kepala Pusat Penerangan TNI AD melalui pesan singkat, Jumat, 15 September 2017.

Wuryanto berpendapat pemutaran ulang film G30S PKI ini penting untuk mengajak generasi muda untul mengenal sejarah. Ia menilai, sejak era reformasi sejarah, Pancasila, dan budi pekerti kurang diajarkan di bangku sekolah.

Dia juga menyebutkan sejumlah alasan lain yang mendasari lembaganya perlu mengajak masyarakat menonton film tersebut.

Baca juga: Ini 5 Fakta Film Terbaru Song Joong Ki ‘The Battleship Island’ yang Sukses Puncaki Box Office!

Berikut beberapa fakta yang belum di ketahui mereka yang belum menonton. Terutama generasi yang kini berusia 20 tahun ke bawah, mengingat film ini di setop penayangannya sejak tahun 2002.

Yang pertama Film G30S PKI ini adalah buatan pemerintah Soeharto dan menjadi tontonan wajib. Sejak tayang tahun 1984, pemerintah orde baru mewajibkan setiap siswa di segala lapisan masyarakat, pegawai negri sipil, perusahaan untuk menonton film ini setiap tanggal 30 September.

Selain diputar di layar lebar beberapa kali, film itu akhirnya diputar di TVRI setiap tanggal 30 September pukul 10.00 WIB.

Karena wajib tonton, termasuk pengerahan pelajar dan pegawai pemerintah untuk menonton, film  ini terpilih menjadi film yang paling banyak diputar dan ditonton. Namun film ini berhenti tayang pada tahun 2002.

loading...
» Pendaki 'Norak' Corat Coret Tugu Puncak Merbabu » Top 3: Waskita Karya Buka Lowongan Kerja » MotoGP: Aksi Comeback Rossi Berbuah Penghargaan? » Berdasarkan Zodiak, Ini Alasan Kenapa Orang Cenderung Selingkuh » Teka-Teki Nama Anak Ketiga Kim Kardashian, Kamu Bisa Tebak? » Datangi Makam, Wanita Ini Disangka Kembaran Julia Perez » VIDEO: Tangani Campak di Asmat, Polda dan TNI Terjun Langsung » Tinggalkan Ayunan di Taman, Pria Inggris Didenda Rp 16 Juta » Temui Pendemo di Depan Istana, Menteri Susi Izinkan Cantrang » Dibilang Sombong, Ini Reaksi Via Vallen » Live Streaming Piala Presiden: Barito Putera Vs Kalteng Putra » Cantrang Dilarang, Begini Cara Nelayan Menghidupi Diri » Punya Anak, Sunny Leone Mulai Kurangi Jadwal Syuting » Jembatan Raksasa di Kolombia Ambruk, 10 Orang Tewas » Kata Chairuman Harahap soal Tudingan Mendistribusikan Uang E-KTP » Kematian Mencurigakan Tersangka Penggelapan Kas BRI di Medan » Piala Presiden: Rodriguez Tokcer, Mitra Kukar Hantam Martapura » Kim Kardashian dan Kanye West Sambut Kelahiran Anak Ketiga » Dianggap Tampil Terlalu Vulgar, Ini Jawaban Santai Denada » Begini Cara Mudah Menangkal Hoax ala Mafindo