Berita Terkini Nasional Dan Internasional
Home Zodiak kesehatan Jadwal Bola Hari Ini info gadget info laptop Tv Pasang Iklan  
Masukkan Judul Berita atau Informasi

10 Tips Ampuh Terjauh dari Penyakit Diabetes Yang harus diketahui

Oleh : Sulastri Habeahan on pada 17 Jul 2017, 21:00 WIB

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang berbahaya. Diabetes sendiri bisa disebabkan oleh gaya hidup maupun faktor keturunan. Gaya hidup seperti pola makan yang salah dan kurang gerak atau jarang beraktivitas bisa menjadi penyebab seseorang terserang diabetes. Penyakit diabetes, terutama yang tidak mendapatkan penyakit ini karena keturunan, sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat. Ikuti juga beberapa cara ampuh terjauh dari penyakit diabetes sedini mungkin.
Penyakit diabetes sendiri adalah penyakit berbahaya yang menempati urutan nomor empat di dunia. Urutan pertama adalah penyakit TBC, urutan kedua ada penyakit jantung, dan urutan ketiga ada HIV/AIDS. Di Indonesia sendiri, kasus diabetes sudah banyak terjadi baik jenis diabetes basah maupun diabetes kering. Untuk menghindarkan diri dari penyakit berbahaya ini, berikut 10 tips ampuh terjauh dari penyakit diabetes sejak dini.

1. Rutin Mengonsumsi Sayur dan Buah
Dua jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk sering dikonsumsi adalah sayur dan buah. Kandungan gula dalam sayur dan buah tidak akan berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga kaya akan kandungan vitamin, serat, dan asam esensial yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi sayur dan buah secara rutin juga bisa melancarkan sistem pencernaan, menghindarkan tubuh dari kemungkinan banyaknya lemak yang bertumpuk, dan manfaat-manfaat lainnya.
2. Banyak Melakukan Aktivitas Fisik
Salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes adalah gerak atau aktivitas fisik yang kurang. Oleh karena itu, perbanyaklah kegiatan fisik dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas fisik sangat ampuh untuk membakar lemak dan glukosa di dalam tubuh. Salah satu cara ampuh terjauh dari penyakit diabetes ini sebenarnya adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Cukup jadikan kebiasaan, maka aktivitas fisik tidak akan terasa berat.
Beberapa contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan sehari-hari adalah sebagai berikut.
– Olahraga.
Olahraga adalah kegiatan fisik yang harus dibiasakan dan dilakukan setiap hari. Selain bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga bisa membantu pembakaran lemak dan gula dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan bisa berupa olahraga ringan maupun berat. Apa pun jenis olahraganya, yang terpenting adalah rutin dilakukan.
– Berjalan kaki ke tempat kerja.
Jika tempat kerja tidak begitu jauh, maka manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan aktivitas gerak tubuh. Berjalan kaki secara rutin juga termasuk ke dalam kegiatan gerak yang baik untuk mencegah tubuh terserang penyakit diabetes.
– Melakukan berbagai aktivitas rumah sendiri.
Sebaiknya mulai membiasakan diri untuk mengurus semua pekerjaan rumah sendiri seperti mengepel, menyapu, mencuci piring, mencuci baju, membersihkan rumah, dan lain-lain. Aktivitas ini akan membuat tubuh lebih banyak bergerak lagi.

3. Diet Sehat Turunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebih juga bisa menyebabkan seseorang terserang diabetes. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan. Proses penurunan berat badan ini adalah untuk alasan kesehatan, sehingga program diet yang dilakukan bisa dihentikan setelah mencapai berat badan ideal untuk tubuh. Diet yang dilakukan juga harus diet yang sehat, artinya yang tidak menyiksa tubuh. Salah satu tips ampuh terjauh dari penyakit diabetes ini selain dapat menghindarkan diri dari penyakit diabetes, juga bisa menghindarkan diri dari aneka penyakit lainnya.

">
">

4. Mengurangi Konsumsi Gula
Konsumsi gula yang berlebih menjadi penyumbang besar seseorang mudah terserang diabetes. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengurangi konsumsi gula mulai dari sekarang. Masakan yang dikonsumsi sebenarnya tidak harus selalu menggunakan gula di dalamnya. Hindari konsumsi kue-kue manis secara berlebihan. Biasakan untuk mengonsumsi teh tanpa gula. Jika perlu, gunakan gula yang terbuat dari jagung yang lebih aman dan sehat untuk tubuh.

5. Membiasakan Diri untuk Sarapan
Sarapan tidak hanya bermanfaat untuk memberikan energi bagi tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas, tetapi juga ternyata mampu menghindarkan diri dari penyakit diabetes. Sarapan dengan menu yang sehat setiap pagi akan membuat tubuh mampu mengontrol asupan kalori dan mengontrol nafsu makan. Artinya, seseorang tidak akan mudah cepat lapar di siang hari karena sudah mendapatkan asupan energi di pagi hari. Sehingga, seseorang tidak akan mudah tergiur untuk makan camilan sebelum jam makan siang.

6. Menghindari Makanan-Makanan Berlemak
Salah satu jenis makanan yang bisa memicu seseorang terserang diabetes adalah makanan berlemak. Contoh makanan berlemak adalah junkfood, makanan yang digoreng, kue-kue manis, dan semua jenis makanan yang mengandung banyak gula. Makanan berlemak ini pada mulanya akan meningkatkan jumlah kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya banyak penyakit termasuk kadar gula dalam darah yang terus meningkat. Jika sudah begini, maka seseorang sangat muda terserang diabetes. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak secara perlahan sampai akhirnya menjadi kebiasaan dan hanya ingin mengonsumsi makanan sehat saja.

7. Cukup Istirahat dan Tidur yang Nyenyak
Tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat, salah satunya tidur yang nyenyak. Ternyata tidur yang nyenyak sekitar 6 jam setiap malam mampu menghindarkan seseorang dari penyakit diabetes. Salah satu cara ampuh terjauh dari penyakit diabetes ini sangat mudah dilakukan, maka mulailah untuk cukup istirahat dari sekarang. Kurang tidur dapat menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh menjadi meningkat yang akhirnya menyebabkan kadar insulin juga meningkat sehingga gula darah menjadi tidak seimbang.

8. Menghindari Stres
Masalah memang sering datang tanpa diduga. Banyaknya masalah yang menumpuk bisa menyebabkan seseorang menjadi stres. Padahal stres bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi meningkat. Oleh karena itu, hindarilah kondisi stres ini. Cara untuk menghindarkan diri dari stres adalah dengan mengutarakan masalah yang tengah dihadapi pada orang yang dipercaya, berjalan-jalan keluar rumah, atau melakukan olahraga yoga yang menenangkan.

9. Kurangi Porsi Makan
Mengurangi porsi makan juga bisa menjadi salah satu tips ampuh terjauh dari penyakit diabetes. Makanan yang berlebih hanya akan membuat lemak bertumpuk dalam tubuh dan kadar gula darah meningkat. Mengurangi porsi makan tidak akan membuat tubuh menjadi lemas jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan padat gizi dan nutrisi.

10. Mengganti Beras Putih dengan Beras Merah
Mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Oleh karena itu, untuk yang tidak bisa lepas dari nasi maka bisa mencoba mengganti nasi dari beras putih menjadi beras merah. Beras merah mengandung sedikit gula serta kaya serat sehingga sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari serangan diabetes.

">

Itulah 10 tips ampuh terjauh dari penyakit diabetes yang bisa dilakukan dengan mudah dan ringan. Kesehatan tubuh sangat penting, oleh karena itu memulai gaya hidup sehat sejak dini menjadi investasi yang berharga untuk masa depan. Lakukan sekarang!

10 Tips Ampuh Terjauh dari Penyakit Diabetes Yang harus diketahui | Bang Naga | on 2017-08-24T15:27:24+00:00 | Rating 4.5
Artikel Terkait
loading...

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

KESEHATAN

Selengkapnya >>

Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini
» Llorente Gembira Perpanjang Kontrak di Real Madrid

» Pemilik Nikahsirri.com Pernah Gagal Jadi Bupati Banyumas

» Soal Nikah Lagi, Muzdalifah: Orangnya Punya Istri Atau Tidak?

» Investor Realisasikan Keuntungan, IHSG Susut 17,09 Poin

» PHOTO: Hoax Letusan Gunung Agung, Ini Penjelasan BNPB

» Jadi Pahlawan, Lukaku Malah Ditinggal Bus MU

» Warga Kurdistan Irak Gelar Referendum Bersejarah

» 76 Broker Cetak Laba hingga Semester I 2017

» Goyang Seronok, Pamela Safitri Beri Penjelasan

» Ini yang Bikin Kiatisuk Senamuang Gagal Latih Timnas Vietnam

» VIDEO: Australia Akan Buat Badan Antariksa Nasional

» Peraih Emas ASEAN Paragames Ungsikan Keluarga dari Gunung Agung

» Susy Susanti Evaluasi Hasil Korea dan Jepang Terbuka

» Caracas Proclamation, 60 Negara Dukung Venuzuela Akhiri Krisis

» Samsung Optimistis Galaxy Note 8 Pikat Hati Konsumen Indonesia

» Menjanda Lagi, Muzdalifah: Sudah Biasa...

» VIDEO: Siaga Darurat Gunung Agung

» PHOTO: Melihat Perayaan Chaesteilet, Berbagi Keju Lezat ke Petani di Swiss

» Menteri PPPA: Lelang Keperawanan Adalah Pelacuran Terselubung

» Gunung Agung, Lokasi Run Trail dengan Sunset yang Memesona

Berita Terbaru

Serang Polisi Pakai Pisau, 2 Begal Grabcar Medan Ditembak Mati, Ini Kronologi Lengkapnya...

Dor!... Dua Begal Driver Grabcar Ditembak Mati di Jalan Pandu Medan. Ini Foto-fotonya..

2 Warga Paya Tampak Terlihat di Medan, Beginilah Nasibnya...

Byurrr! Ilhamsyah Tewas di Bak Air PDAM Tirta Bina Rantauprapat, Ini Sebabnya...

2 Hari 2 Driver Grab Medan Dibegal dan Dibunuh, Pelakunya Sedang...

Terjadi Lagi! Dikira Driver Taksi Online, Warga Batam Dikeroyok di Bandara Hang Nadim

Ini Pesan Kapolres Taput Pada Jambore II Anak Sekolah Minggu HKBP, Katanya...

Modal Foto Ganteng di Facebook, Cewek Cantik Dibikin Klepek-klepek, Lalu...

Polres Taput Datangkan Tim Ahli USU Periksa Dugaan Korupsi Dana Desa di Pohan Jae, Lihat Foto-fotonya!

Karir

Info Gadget

menu


olah raga bisnis otomotif gaya hidup kuliner properti tekno hotel travel medan karir TV Video Entertainment
@ 2017 NewsKarirsumut All Right Reserved


Page loads : seconds