Inilah Panduan Pola Makan Seimbang Bagi Wanita

Oleh : Sulastri Habeahan on pada 17 Jul 2017, 21:00 WIB

Banyak wanita yang ingin tampil langsing entah itu untuk menyenangkan pasangan atau kepuasan diri sendiri. Pola makan menjadi salah satu dasar pembentukan tubuh seseorang. Pola makan yang seimbang akan membantu wanita menjadi lebih sehat dan memiliki tubuh ideal. Wanita sendiri memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda daripada pria. NHS Eat Well Guide memberikan panduan untuk proporsi makanan yang seimbang. Mari kita pelajari beberapa panduan pola makan seimbang bagi wanita berikut ini.

">
  1. Reference Intakes (RI)

Kebutuhan nutrisi tergantung pada jenis kelamin, ukuran bdan, usia, dan tingkat aktivitas seseorang. Jadi panduan berikut merupakan panduan umum bisa berubah sesuai dengan profil seseorang. Reference Intakes(RI) akan menunjukkan jumlah makanan sehari yang direkomendasikan untuk orang umum guna mencapai pola hidup yang sehat atau diet yang seimbang.

Untuk energi, pada pria membutuhkan 2500kcal, sedangkan wanita hanya 2000kcal. Protein pada pria idealnya 55 gram, sedangkan wanita 50 gram perhari. Kebutuhan karbohidrat pria perhari 300 gram sedangkan wanita 260 gram. Kebutuhan gula untuk pria perhari 120 gram, sedangkan wanita 90 gram. Jadi rata-rata kebutuhan kandungan makanan untuk pria lebih besar dari wanita, kecuali gula yang sama-sama membutuhkan 6 gram per hari.

  1. Porsi Yang Sempurna

Walaupun kita sudah mengetahui berapa jumlah kebutuhan asupan makanan untuk tubuh namun kadang sulit untuk menakarnya. Hal ini yang kemudian menyebabkan seseorang menjadi malas untuk mengikuti panduan yang diberikan. Porsi ideal dalam gram atau kcal tersebut dapat diubah menjadi ukuran yang lebih mudah kita pahami sehingga akan jauh lebih mudah diikuti.

Ukuran yang bisa kita ikuti dengan mudah misalnya untuk kebutuhan protein yang didapat dari daging, unggas, atau ikah per harinya yaitu seukuran punggung telapak tangan. Lalu popcorn atau makanan ringan seperti keripik bisa sejumlah dua tangkup tangan. Kue seperti brownies sejumlah dua jari perhari. Sedangkan margarin hanya ujung ibu jari saja per hari.

Porsi ini memang tampak tetap menyulitkan jika kita terbiasa makan bebas setiap harinya. Namun jika sudah berniat maka akan dilakukan sedikit demi sedikit sehingga mencapai porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh atau tidak berlebihan.

  1. Sarapan

Sarapan menyediakan kita asupan makanan sebelum beraktivitas sehari-hari. Meskipun ingin menurunkan berat badan, sarapan tetap dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita memilih untuk tidak sarapan makan akan membuat gula darah tidak seimbang sehingga mengakibatkan kita memilih makanan yang salah pada siang harnya. Sarapan ini memberikan kontribusi yang penting pada asupan sehari-hari. Sarapan juga berperan dalam menjaga berat badan yang sehat.

Makanan apa yang baik untuk sarapan? Kita bisa memulai dengan makanan berprotein seperti telur, salmon, ham, atau produk susu. Kita membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein, jadi sarapan sebaiknya dengan makanan yang mengandung protein. Protein ini akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sebagai orang Indonesia kadang kita tak bisa dilepaskan dari karbohidrat berupa nasi.

Nasi bisa saja kita makan untuk sarapan namun dengan porsi yang lebih sedikit dan memperbanyak protein. Sarapan berprotein tidak sulit untuk dibuat, misalnya dengan membuat telur orak-arik didampingi salmon panggang, atau daging tanpa lemak. Jadi saat menghidangkan sarapan dalam sebuah piring, protein harus ada dan diutamakan. Jangan sampai isi sarapan hanya berupa karbohidrat dengan protein yang sedikit.

  1. Makanan Ringan Setelah Sarapan

Banyak orang menemukan bahwa makan sedikit-sedikit namun sering akan membantu mereka menjaga tingkat gula darah. Makan lebih sering seperti lima kali sehari bukan berarti makan lebih banyak dari biasanya, namun membagi kebutuhan asupan makanan tersebut  ke waktu yang lebih banyak. Ini juga bisa mencegah kita makan terlalu banyak pada satu waktu saja.

Makanan ringan setelah sarapan bisa jadi salah satu pilihan. Setelah sarapan, selang satu atau dua jam kita bisa makan makanan ringan seperti biskuit oat dilapisi selai kacang. Bisa juga dengan memakan buah seperti buah pisang atau makanan ringan sehat lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan porsinya, tidak boleh melebihi kebutuhan asupan harian.

  1. Makan Siang

Makan siang sebaiknya merupakan gabungan antara protein dan karbohidrat. Makanan yang kaya karbohidrat akan memberikan pasokan energi bagi kita. Tanpa karbohidrat pada siang hari maka kita akan merasa lebih lemas. Karbohidrat terdapat dalam beberapa jenis makanan. Kuncinya adalah memilih karbohidrat yang memproduksi gula darah yang seimbang. Nasi putih cenderung kurang sehat dibandingkan nasi merah. Jika tidak ingin makan nasi maka bisa menggantinya dengan roti gandum. Menu makan siang dapat beragam seperti sandwich dengan salmon, ayam, susu, atau salad.

Bagi orang Indonesia, nasi masih menjadi pilihan utama untuk dimakan tiga kali dalam sehari. Namun tak sedikit juga yang mulai beralih dengan memakan jenis makanan karbohidrat yang lebih sehat. Boleh saja makan nasi putih asalkan tidak terlalu banyak dan diimbangi dengan protein yang memadai.

  1. Makanan Ringan Pada Sore Hari

Pada sore hari, kita bisa kembali makan makanan ringan misalnya makanan manis seperti buah-buahan. Ada banyak jenis buah yang bisa dimakan untuk memenuhi asupan tubuh. Selain buah segar bisa juga memilih buah kering yang lebih praktis dikombinsaikan dengan kacang atau biji-bijian. Mengkombinasikan buah kering dengan kacang akan membantu menstabilkan pelepasan gula dan menjaga kita tetap berenergi lebih lama. Alternatifnya kita bisa memakan tomat cherry, aple, atau sayur-sayuran. Carilah makanan yang membuat kita menjauhi biskuit.

  1. Makan Malam

Untuk makan malam, karbohidrat bisa dikombinasikan dengan makanan berlemak sehat seperti ikan salmon, mackerel, dan sarden. Bisa juga dengan kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyaknya. Tubuh kita dapat menggunakan lemak sehat tersebut sepanjang malam untuk regenerasi dan perbaikan. Ini penting untuk menjaga kulit dan rambut yang sehat. Pada setengah piring dapat diisi dengan beragam sayuran atau salad. Makan malam sebaiknya tidak terlalu malam dan ada jeda sebelum tidur. Ini agar proses pencernaan makanan dapat berlangsung dengan sempurna.

Panduan makan yang seimbang ini memberikan kita gambaran bahwa pola makan seharusnya tetap teratur dengan jumlah yang cukup. Makan lebih sering ternyata lebih dianjurkan, namun dengan jumlah yang tetap sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bagi orang Indonesia seperti kita, asupan nasi kadang tak bisa serta merta ditinggalkan. Nasi masih bisa menjadi sumber karbohidrat tapi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

">

Asupan protein, lemak sehat, dan serat dari sayuran juga harus selalu ada dalam menu makanan sehari-hari, jangan kurang ataupun berlebihan. Makanan ringan yang sehat sebaiknya menjadi pengganti makanan ringan yang kurang sehat. Jika ingin sehat tentu nafsu untuk makan apa saja harus diredam. Mengatur menu makan setiap hari dengan pelaksanaan yang disiplin akan membantu kita untuk  dapat hidup dengan lebih sehat melalui pola makan yang seimbang.

Inilah Panduan Pola Makan Seimbang Bagi Wanita | Bang Naga | on 2017-07-13T16:03:11+00:00 | Rating 4.5
loading...
» Natalie Zenn Tinggalkan Akting demi Nyanyi » Anggaran Sama, Kualitas Pendidikan RI Kalah Jauh dari Vietnam » Pelatih Persebaya Sulit Tentukan Strategi Hadapi Martapura FC » PHOTO: Kasus Pemerkosaan Gadis 22 Tahun, Eks Striker AC Milan Dipenjara 9 Tahun » VIDEO: Sunu Curhat Kangen Istri di Instagram » TelkomGroup Sediakan Fasilitas IT di Pesta Adat Kahiyang-Bobby » Beda Generasi, Ernie Djohan Gandeng Lucky Octavian Garap Single » Lelang Budak Terkuak di Libya, DK PBB Akan Gelar Sidang Darurat » VIDEO: Begini Rangkaian Pesta Adat Kahiyang-Bobby » PHOTO: Seperti Ini Hebohnya Warga Amerika Berburu Diskon Black Friday » Chicco Jerikho Pakai Obat Penumbuh Bewok? » Makam Balita yang Terabaikan, Kini Dikenal Berikan Keajaiban » Liga Champions: Manchester United Bisa Gagal Lolos, jika... » 3 Pemain NBA Paling Produktif Musim Ini » Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad ke-21 » VIDEO: Atap Sekolah Runtuh Ratusan Siswa Tak Punya Kelas » Atasi Gusi Berdarah dengan 4 Bahan Alami Ini » Catatan Buruk Barcelona Usai Lawatan ke Italia » Evolusi Adidas Predator, Sepatu Sosok Beckham sampai Zidane » Wayne Rooney dan 4 Pemain Pencipta Kontroversi di Luar Lapangan
Lowongan Kerja MODP PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
Lowongan Kerja PT Bank Mega Tbk
Lowongan Kerja ODP Bank BJB
Lowongan Kerja PT Wijaya Karya Via UGM Yogya
Lowongan Kerja PT Isuzu Sales Operation Astra
Lowongan Kerja PT. Reska Multi Usaha
Lowongan PT. Permodalan Nasional Madani Jawa Timur
Selengkapnya >>