Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Oleh : Sulastri Habeahan on pada 17 Jul 2017, 21:00 WIB

Kulit berminyak memang sering menjadi masalah dalam penampilan. Selain wajah yang tampak tak segar, minyak dalam wajah dapat menyebabkan permasalahan lain seperti komedo dan jerawat. Kulit berminyak sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai perawatan wajah, salah satunya perawatan alami. Perawatan alami ini cenderung aman untuk dilakukan sendiri di rumah asalkan dengan bahan alami yang dianjurkan. Bahan alami tersebut tentunya dipilih yang layak untuk digunakan. Berikut ini beberapa ramuan alami untuk mengatasi kulit berminyak:

">
  1. Lemon Dan Madu Untuk Pembersih

Campuran lemon dan madu sangat mudah dibuat namun efektif untuk membuat kulit berminyak menjadi kulit yang berkilau. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan 2 sendok teh perasan lemon. Setelah tercampur, gunakan bola kapas untuk dicelupkan padanya. Setelah basah tepuk-tepuk pada bagian wajah serta leher. Pijat selama 3-4 menit kemudian basuh dengan menggunakan air hangat. Lemon memiliki efek instan berupa mencerahkan kulit serta menghilangkan minyak berlebih. Kandungan anti bakteri pada madu dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

  1. Lemon Hangat

Air putih merupakan minuman yang dianjurkan untuk kesehatan wajah, tapi jika bosan minum air putih sepanjang hari maka bisa diselingi dengan minuman sehat seperti lemon hangat. Caranya yaitu menyiapkan air hangat yang dicampur dengan perasan lemon, kemudian tambahkan madu. Minum pada pagi hari dalam keadaan perut kosong. Lemon dapat menjaga kulit tetap lembab. Kandungan vitamin C dan antioksidan bekerja dari dalam ke luar untuk menjaga kulit bersih, sehat, dan cerah.

  1. Es

Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar karena kelenjar sebaceous yang overaktif. Ini membuat kulit menjadi tampak tebal, kusam, dan kasar. Es batu bisa dijadikan bahan sederhana yang bisa digunakan. Caranya adalah memasukkan es batu ke dalam kain bersih. Kemudian tempelkan kain bersih tersebut pada wajah yang berminyak selama 2 sampai 3 menit. Es akan membantu agar pori-pori mengecil, mengurangi jerawat, kantung mata, dan membantu membuat kulit menjadi cerah.

  1. Facial Di Rumah

Merawat kulit dapat dilakukan sendiri di rumah. Pertama yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan cleanser. Cleanser dapat dibuat dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dan satu sendok teh madu. Lalu oleskan pada bagian wajah dengan gerakan memutar lalu bersihkan dengan air. Setelah itu hangatkan wajah dengan air yang telah dipanaskan dengan tambahan daun mint. Uap air tersebut diarahkan ke wajah selama 3 menit.

Untuk krim wajah alami gunakan anggur atau strawberry. Caranya yaitu dengan menghancurkan anggur atau strawberry kemudian tambahkan satu sendok makan jel lidah buaya. Oleskan pada bagian wajah dengan gerakan memutar. Lakukan ini selama 5-7 menit kemudian bersihkan dengan kapas basah.

  1. Kayu Cendana

Kayu cendana merupakan bahan alami yang bagus untuk kulit berminyak. Bahan ini merupakan antiseptik, anti radang, dan dapat mengontrol kerusakan kulit serta mencerahkan warna gelap pada kulit. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk kayu cendana dengan sedikit air mawar. Jadikan masker untuk wajah selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih.

  1. Cuka Apel Dan Ketimun

Cuka apel bekerja sangat baik untuk kulit wajah terutama wajah yang berminyak. Campurkan 3 sendok makan jus ketimun dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Ambil kapas lalu celupkan dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 2 sampai 3 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

  1. Masker Teh Hijau Dan Lumpur

Masker ini bisa diaplikasikan setiap minggu. Bahan yang diperlukan antara lain air teh hijau 2 sendok makan, clay mud satu sendok makan, jus lemon 1 sendok makan, dan madu 1 sendok teh. Campurkan semua bahan-bahan tersebut sampai seperti pasta. Kemudian potong ketimun dua iris. Ambil masker yang telah dibuat dan aplikasikan pada wajah. Tutup mata dan tutupi dengan irisan ketimun. Setelah masker mengering sempurna, hapus masker menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air dingin lalu cuci wajah sampai bersih. Ini akan membantu wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

  1. Masker Strawberry Dan Yogurt

Bahan yang perlu disiapkan antara lain 2 strawberry, 2 sendok teh yogurt, dan 1 sendok makan multani mitti. Caranya yaitu dengan mencampurkan strawberry yang telah dihaluskan dengan yogurt dan multani mitti. Setelah tercampur rata maka oleskan pada keseluruhan wajah dan leher. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin. Kandungan antioksidan, astringent, dan vitamin C pada strawberry akan mengendalikan minyak pada kulit. Multani mitti dapat mengecilkan pori-pori serta mengencangkan kulit. Bahan yogurt berguna untuk meningkatkan kecerahan kulit wajah.

  1. Pelembab Wajah Alami

Meskipun sudah berminyak, kulit wajah tetap memerlukan pelembab. Hindari pelembab berat berupa krim dan lotion jika bisa. Kita bisa membuat pelembab wajah alami dari tulsi, glycerin, dan air mawar. Caranya dengan menghancurkan daun tulsi dan menambahkan air mawar dan 1 sendok teh glycerin. Oleskan pada kulit dan pijat dengan lembut.

  1. Garam Laut

Garam laut merupakan exfoliator alami yang baik bagi kulit berminyak. Mineral yang terdapat pada garam laut dapat menarik minyak berlebih dari pori-pori kulit, dan melakukan detoksifikasi. Ini juga akan membantu menghilangkan komedo. Bahan yang dibutuhkan antara lain garam laut, madu, dan air hangat. Caranya yaitu basuh wajah dengan air hangat. Tempatkan satu sendok teh garam dan madu di tangan. Gosok kedua tangan bersama lalu oleskan pada wajah dan leher. Lakukan selama 1 sampai 2 menit dengan gerakan memutar. Bersihkan wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Itu dia beberapa ramuan alami yang khusus ditujukan untuk merawat kulit berminyak. Selain menggunakan ramuan tersebut ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan misalnya minum banyak air dan makan buah serta sayuran segar. Minum air dengan cukup akan membantu peredaran darah menjadi lancar.

Setiap hari kebutuhan air adalah 8 gelas sehari, ini kadang jarang dipenuhi oleh seseorang. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menyiapkan gelas penuh air minum setelah meminum habis airnya sehingga kita tidak malas untuk minum. Selain itu saat pergi ke luar rumah juga bawa botol air putih agar saat di jalan kita tidak perlu membeli minuman lain.

Selain bahan-bahan alami, kulit berminyak bisa diminimalisir dengan menggunakan make up yang bebas dari minyak. Ini untuk menghindari kelebihan minyak pada kulit wajah. Hindari juga mencuci wajah terlalu sering atau terlalu keras karena dapat menstimulasi kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

">

Bagi yang tak sempat membuat ramuan alami sendiri maka pilihlah produk perawatan kulit khusus kulit berminyak. Saat ini juga banyak dijual produk perawatan yang mengandung bahan alami, namun tentu kita perlu memeriksa apakah produk tersebut memang aman digunakan.

Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak | Bang Naga | on 2017-08-12T16:32:22+00:00 | Rating 4.5
loading...
» Natalie Zenn Tinggalkan Akting demi Nyanyi » Anggaran Sama, Kualitas Pendidikan RI Kalah Jauh dari Vietnam » Pelatih Persebaya Sulit Tentukan Strategi Hadapi Martapura FC » PHOTO: Kasus Pemerkosaan Gadis 22 Tahun, Eks Striker AC Milan Dipenjara 9 Tahun » VIDEO: Sunu Curhat Kangen Istri di Instagram » TelkomGroup Sediakan Fasilitas IT di Pesta Adat Kahiyang-Bobby » Beda Generasi, Ernie Djohan Gandeng Lucky Octavian Garap Single » Lelang Budak Terkuak di Libya, DK PBB Akan Gelar Sidang Darurat » VIDEO: Begini Rangkaian Pesta Adat Kahiyang-Bobby » PHOTO: Seperti Ini Hebohnya Warga Amerika Berburu Diskon Black Friday » Chicco Jerikho Pakai Obat Penumbuh Bewok? » Makam Balita yang Terabaikan, Kini Dikenal Berikan Keajaiban » Liga Champions: Manchester United Bisa Gagal Lolos, jika... » 3 Pemain NBA Paling Produktif Musim Ini » Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad ke-21 » VIDEO: Atap Sekolah Runtuh Ratusan Siswa Tak Punya Kelas » Atasi Gusi Berdarah dengan 4 Bahan Alami Ini » Catatan Buruk Barcelona Usai Lawatan ke Italia » Evolusi Adidas Predator, Sepatu Sosok Beckham sampai Zidane » Wayne Rooney dan 4 Pemain Pencipta Kontroversi di Luar Lapangan
Lowongan Kerja MODP PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
Lowongan Kerja PT Bank Mega Tbk
Lowongan Kerja ODP Bank BJB
Lowongan Kerja PT Wijaya Karya Via UGM Yogya
Lowongan Kerja PT Isuzu Sales Operation Astra
Lowongan Kerja PT. Reska Multi Usaha
Lowongan PT. Permodalan Nasional Madani Jawa Timur
Selengkapnya >>