Berita Terkini Nasional Dan Internasional
HOME Zodiak Hari Ini health
Masukkan Judul Berita atau Informasi

8 Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Oleh : Sulastri Habeahan on pada 17 Jul 2017, 21:00 WIB

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi – Penyakit darah tinggi dapat menyerang siapa saja, oleh karena itu mewaspadai hipertensi merupakan hal terbaik agar penyakit ini dapat dicegah sedini mungkin. Seperti yang Kita ketahui, hipertensi ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika di biarkan terlalu lama, perlu penanganan dan pola hidup sehat agar darah tinggi tidak semakin parah.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur terkena penyakit hipertensi, ada baiknya haru memperhatikan asupan makanan yang tepat. Sebab jika salah makan saja penyakit ini berpotensi semakin meningkat. untuk itu nitips.com akan memberikan informasi makanan apa saja yang sehat sebagai penurun tekanan darah tinggi.

 

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

makanan sehat penurun tekanan darah tinggi

1. Pisang
Buah ini cukup baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, oleh karena itu Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi bisa lebih sering mengonsumsi buah ini. Ini karena kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang juga dapat menyeimbangkan efek garam pada tubuh serta meningkatkan fungsi organ ginjal. Menurut penelitian yang telah dilakukan, rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsilah buang pisang dua setiap harinya agar tekanan darah di dalam tubuh bisa dikurangi.

2. Putih telur
Putih telur juga merupakan makanan sehat penurun tekanan darah tinggi yang ampuh. Mulailah hari Anda dengan sarapan sehat konsumsi telur. Dan sebaiknya, hanya konsumsi putihnya saja. Putih telur selain memiliki kandungan protein yang tinggi juga mengandung peptida yang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsilah makanan ini secara rutin setiap hari agar penyakit tekanan darah tinggi yang Anda derita bisa sembuh.

3. Tomat
Manfaat jus tomat bagi tubuh cukup baik. Buah tomat mengandung lycopene yang dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Menurut penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya 25 mg likopen dalam diet Anda setiap hari, Anda dapat menurunkan kadar LDL Anda (kolesterol ‘buruk’) hingga 10%.

4. Mengkudu
mengjkudu sudah dikenal masyarakat sebagai obat tradisional untuk penurun tekanan darah tinggi. Manfaat mengkudu untuk darah tinggi dikarenakan mengkudu dapat melancarkan peredaran darah, selain itu menkudu juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Cara menggunakan mengkudu untuk penurun hipertensi cukup mudah yakni siapkan mengkudu yang bersih, kemudian haluskan menggunakan blender, setelah itu saring air mengkudu ke dalam gelas. Minum ramuan tersebut setiap hari untuk menurunkan darah tinggi Anda.

5. Semangka
Buah segar ini sangat nikmat disajikan ketika musim panas. Buah semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan bagi tubuh. Rasa manis alaminya juga cukup baik dan bisa dijadikan buah yang baik bagi diet. Semangka merupakanbuah yang mengandung L-citrulline sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah serta mengatur aliran darah.

Baca juga : Apakah Benar Daging Kambing Pemicu Darah Tinggi? Ini Kata Dokter

6. Kismis
Buah kenyal ini bisa dijadikan cemilan yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Buah ni sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi. Peneliti mengungkap bahwa ketika peserta pra-hipertensi mengonsumsi kismis tiga kali sehari dalam waktu 12 minggu, dapat secara signifikan sistolik maupun tekanan darah diastolik mereka lebih rendah.

7. Hisbiscus Tea
Mungkin Anda sulit untuk mengubah kebiasaan makan Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubah kebiasaan minum Anda. Daripada minum satu cangkir kopi, gantilah dengan teh herbal yang lebih sehat. Mengonsumsi teh herbal secara rutin dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan Anda.

8. Mentimun
Makanan penurun tekanan darah tinggi juga terdapat pada buah mentimun, sebab mentimun memiliki sodium yang renduh, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi. cara menggunakannya seperti berikut. pilihlah mentimun yang berkualitas, kemudian berishkan, setelah itu parut, saring mentimun hingga mengeluarkan airnya, konsumsi air mentimu tersebut 2 kali sehari agar tekanan darah tinggi dapat turun secara cepat

Itulah beberapa menu sehat untuk menrukan tekanan darah tinggi. Hindarilah makan-makanan yang mengandung lemak yang dapat mengakibatkan tekanan darah semakin meningkat.

8 Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi | Bang Naga | on 2015-08-10T06:13:16+00:00 | Rating 4.5
Artikel Terkait
loading...

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

KESEHATAN

Selengkapnya >>

Nasional

Berita Terbaru

Karir

Berita Terpanas

Kurs Dollar Hari Ini

menu

Medan | Sumatera Utara | Regional| Nasioanl| Internasional

olah raga bisnis otomotif gaya hidup kuliner properti tekno hotel travel medan pasang iklan karir
@ 2017 NewsKarirsumut All Right Reserved


Page loads : seconds