Berita Terkini Nasional Dan Internasional
HOME Zodiak Hari Ini health
Masukkan Judul Berita atau Informasi

Gejala Dan Penyebab Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Oleh : Sulastri Habeahan on pada 17 Jul 2017, 21:00 WIB

Gejala dan Penyebab Darah Tinggi pada Ibu Hamil – Bagi ibu yang sedang hamil muda, pada umumnya akan rentan mendapatkan gangguan pada kesehatan, hal itu dinilai wajar, karena seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan secara hormonal maupun fisik. perubahan inilah yang terkadang membuat wanita sulit untuk menyesuaikan diri.

Salah satu penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu peyakit yang diderita ibu hamil. Selain mengganggu kesehatan sang ibu, darah tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan bayi di dalam kandungan. Agar hal ini dapat dicegah dan di obati secara cepat, sebaiknya ibu harus mengetahui gejela dan penyebab darah tinggi pada ibu hamil muda. Berikut adalah gejala darah tinggi pada ibu hamil :

 

Gejala Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

penyebab darah tinggi pada ibu hamil

1. Tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg
Seperti yang kita ketahui, tekanan darah ibu hamil normalnya adalah dibawah 140/90 mmHg. Ketika tensi darah ibu hamil melebihi batas tersebut, maka hal ini sudah termasuk gejala bahwa ibu hamil mengalami darah tinggi.

2. Pengeluaran urin yang sangat sedikit
Jika ibu hamil tidak pernah buang air kecil, maka hal ini perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala darah tinggi. Namun untuk mengetahuinya secara pasti, anda dapat melakukan tes urin. Biasanya urin penderita darah tinggi ibu hamil juga mengandung protein.

3. Kenaikan berat badan yang tidak normal
Meskipun kenaikan berat badan merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil, namun jika kenaikannya sangat berlebihan dan disertai dengan gejala lain, tentu hal ini perlu untuk diwaspadai.

4. Pembengkakan
Tanda yang paling terasa adalah terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, wajah dan bagian-bagian tubuh yang lain. jika tanda-tanda diatas anda alami, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab darah tinggi pada ibu hamil

1. Gangguan aliran darah
Menurut penelitian para ahli, gangguan aliran darah menuju placenta bayi dapat menyebabkan tekanann darah ibu menjadi naik dan menimbulkan gejala-gejala darah tinggi yang lain.

2. Gizi buruk
Karena kurang asupan makanan bergizi, tubuh ibu hamil akan semakin menurun dan memicu kerusakan pada pembuluh darah placenta yang dapat berakibat pada terjadinya tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Baca juga : Tanda Tanda Hamil Muda 1 Minggu Pertama

3. Lemak berlebihan
Adanya kadar lemak yang terlalu tinggi ternyata juga dapat emicu terjadinya darah tinggi pada ibu hamil. Oleh karena itu sebaiknya para ibu hamil senantiasa menjaga makanan dan gaya hidupnya agar pertambahan berat badan yang terjadi masih dibatas normal.

4. Gen
Selain penyebab-penyebab diatas, darah tinggi juga terjadi karena gen yang diturunkan dari orang tua. Jika masalah ini terjadi, yang dapat dilakukan adalah mengontrol gaya hiup dan makanan agar kondisi tidak semakin parah.

Demikian gejala dan penyebab darah tinggi pada ibu hamil yang dapat anda jadikan sebagai tambahan wawasan. Jika Anda mengalami gejala diatas sebaiknya gunakan obat darah tinggi untuk ibu hamil dan segera konsultasikan ke Dokter kandungan. Semoga bermanfaat!

Gejala Dan Penyebab Darah Tinggi Pada Ibu Hamil | Bang Naga | on 2015-07-22T02:43:45+00:00 | Rating 4.5
Artikel Terkait
loading...

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

KESEHATAN

Selengkapnya >>

Nasional

Berita Terbaru

Karir

Berita Terpanas

Kurs Dollar Hari Ini

menu

Medan | Sumatera Utara | Regional| Nasioanl| Internasional

olah raga bisnis otomotif gaya hidup kuliner properti tekno hotel travel medan pasang iklan karir
@ 2017 NewsKarirsumut All Right Reserved


Page loads : seconds